Seputar Oli dan Cara Memilih Oli yang tepat!

Oli adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor (iya gak??) buat yang sering memakai kendaraan pasti udah familiar dengan yang namanya oli dunk (^_^). Oli terbagi atas 2 macam oli mesin dan oli samping. Umumnya oli yang banyak dipakai adalah oli mesin, kenapa hayo??? karena oli mesin dipakai di kendaraan 2 tak maupun 4 tak. sedangkan oli samping hanya dipakai untuk kendaran bermotor 2 tak. Tau khan bedanya 2 tak dan 4 tak?? gampang aja brur klo 2 tak itu pasti keluar asap dari knalpotnya klo 4 tak gak hehehe~~~

selain itu 2 tak pasti lebih boros bensin daripada 4 tak karena 2 tak itu prinsip kerjanya dalam satu kali piston berputar terjadi 1 kali pemasukan gas (campuran udara + bensin) dan 1 kali pengeluaran gas (exhaust) sehingga konsumsi bahan bakar juga pasti lebih banyak tapi ada kelebihannya bro, karena dalam satu kali putar selalu menggunakan gas maka tenaga yang dihasilkan oleh kendaraan 2 tak pasti jauh lebih besar daripada 4 tak... nah klo 4 tak itu dalam proses kerjanya melakukan 4 tahap yaitu pemasukan gas, kompresi, pembakaran, dan pengosongan karena tahapannya lebih panjang jadi kendaraan 4 tak jauh lebih irirt dari 2 tak tapi ya itu tenaganya kurang galak hikz. kok jadi ngomongin motor si! (pembaca mulai kesel)....

oke2 gini2 sekarang kita bahas manfaat oli masing-masing ya, untuk oli samping itu bertugas untuk melumasi bagian dalam piston dan mengurangi pembakaran yang tidak sempurna (CO) jadi oli samping pasti ikut terbakar didalam blok mesin... nah hasil pembakaran dengan oli samping ini yang menyebabkan keluarnya asap pada kendaraan 2 tak!

sedangkan oli mesin itu tugasnya jauh lebih kompleks (susah) daripada oli samping (khususnya oli motor 4 tak) karena selain melumasi tugas oli mesin adalah untuk membersihkan deposit karbon (kerak) pada ruang pembakaran, mengurangi gesekan antar parts mesin, menurunkan suhu, mengurangi keausan dan yang pasti membuat mesin tetep sehat hohoho~~`

Sekarang kita lanjut bahas masalah oli dan cara milih oli yang tepat buat kendaraan kita baik 2 tak maupun 4 tak.. Oli yang tepat dan bagus buat kendaraan kita terutama motor 4 tak dapat diketahui dari spesifikasi standar yang diminta oleh pabrikan sepeda motor ente (misalnya 20w50 API JASO MA atau 10w40 API JASO MA)wait wait kode apalagi tuh??? klo misalnya gak tepat gmn? (nanya nih y!) oke gw jelasin hehehe~~ kode2 tersebut merupakan "sertifikat" dan keterangan yang diberikan oleh perusahaan pembuat oli tersebut...

Sertifikat terhadap kualitas oli secara internasional beragam, namun yang umumnya sering dipakai sebagai standar oli di dunia adalah API dan JASO. apa tuh API dan JASO?

API(American Petroleum Institute) adalah lembaga yang mengetes dan memeriksa kualitas oli yang dipakai di negara-negara eropa dan amerika dan umumnya standar API sudah dimiliki oleh hampir seluruh merek oli. Standar API dimulai dari hurup S (singkatan dari spark) untuk kendaraan berbahan bakar bensin sedangkan buat kendaraan diesel ditulis dengan awalan C (carbon)semakin tinggi nilai S maupun C nya maka kualitas oli tersebut makin bagus (contoh kode SJ lebih bagus daripada yang berkode SG) namun kode tersebut tidak mengikat artinya kode yang lebih tinggi umumnya hanya dipakai pada kendaraan yang lebih modern dan canggih karena sifatnya yang semakin encer sehingga cocok untuk kendaraan modern yang memiliki presisi yang amat tinggi sehingga dapat melumasi bagian-bagian mesin yang paling sulit.
dalam memili oli hendaknya jangan melihat merek oli tapi pilih yang sesuai dengan spesifikasi motor kita atau yang lebih baik kualitasnya.
Sedangkan JASO(Japanese Automotive Staandar Association) adalah lembaga di jepang yang mengecek dan menguji kualitas oli untuk kendaraan di negaranya (timbul pertanyaan ko jepang ngeluaarin standar oli sendiri sih?) itu karena karakteristik mesin dan kendaraan buatan eropa dengan kendaraan buatan jepang berbeda. Motor2 buatan jepang umumnya menggunakan kopling basah sedangkan kendaraan buatan eropa menganut sistem kopling kering yang artinya tidak terendam oli sehingga kendaraan buatan eropa cukup dengan sertifikasi API sedangkan kendaraan buatan jepang selain sertifikasi API wajib memiliki sertifikasi JASO

sekarang kita bahas maksud kode2 pada oli nyookkkk!!!!
SG/SJ/SH/SL adalah kode yang menunjukkan bahwa oli tersebut merupakan oli yang dipakai untuk kendaraan bensin semakin tinggi S-nya maka oli tersebut dapat dipakai untuk kendaraan2 terbaru sedangkan kendaraan lama cukup sampai SG/SJ sedangkan untuk kendaraan diesel ditulis dengan kode CF/CG/CH/CJ

trus API (udah tau dunk tadi apa?) ya umumnya semua merek oli yang beredar udah punya sertifikasi ini kok! hehehe~~~

JASO M- nah untuk kode ini menunjukkan bahwa oli tersebut sangat cocok untuk motor berkopling basah (terendam oli) dan umumnya semua motor yang masuk ke indo menganut sistem kopling basah jadi ane saranin oli ente MUSTI punya sertifikat ini (trus klo gak ada gmn?) biasanya klo gak ada sertifikat ini motor sering slip karena kopling tidak ada gesekan hehehe~~~ sedangkan kode di belakang JASO menunjukkan kualitas sertifikat yang paling tinggi adalah ko MA2 jadi klo bisa pilih yang kode M-nya paling tinggi yah!

terus yang terakhir itu kode angkanya (misal 20w/50 atau 10w/40) artinya apa tuh? ini artinya oli memiliki tingkat viskositas/ kekentalan dengan indeks (20) pada keadaan dingin(winter) dan akan berubah menjadi kekentalan dengan indeks (50) pada suhu 100 derajat celcius

bahan dasar oli juga menetukan kualitas suatu oli. bahan dasar oli ada 2 yaitu mineral base dan syntetic base. oli yang bagus berbahan dasar ester(syntetic base) tapi harganya itu lho!! GAK NAHAN!! seliter bisa ampe 150-200 ribu whuih mending buat jajan! hahaha....
buat motor2 yang udah dipakai lama sebaiknya memakai oli berbahan dasar mineral karena mengurangi keausan lebih lanjut... klo masih baru atau keluaran terbaru mau pake mineral oke syntetic apalagi!

jadi... apapun motornya yang penting olinya harus tepat y bro! jangan KETIPU IKLAN oke!