Karbohidrat!!

karbohodratTau khan karbohidrat?? itu lho sumber energi buat tubuh kita heheh~~ mau kenal lebih deket sama karbohidrat? biar gak bingung dan penasaran silahkan disimak yach info nya...

karbohidrat terdiri atas beberapa macam antara lain:
1. Monosakrida
Monosakarida atau "gula sederhana" mempunyai rumus kimia (C.h2O)n. Karbohidrat berasal dari kata karbon yang terhidrat, yang termasuk monosakarida adalah glukosa, fruktosa dan galaktosa.

2. Disakarida
Disakarida merupakan gula yang disusun dari 2 molekul monosakarida. contohnya: sukrosa, maltosa,sellobiosa dan laktosa

3. Oligosakarida
Oligosakarida merupakan molekul polimer yang terdiri dari 2 sampai 10 unit monosakarida yang terikat secara kovalen. Seringkali ditemukan bergabung dengan biomolekul lain seperti lipid dan protein.

4. Polisakarida
Polisakarida merupakan polimer dari monosakarida. Besarnya bervariasi mulai dari ratusan sampai ribuan monosakarida yang membentuk polimer linier (lurus) atau bercabang.

Mayoritas karbohidrat yang ditemukan di alam berada dalam bentuk polimer dengan berat molekul tinggi yang disebut polisakarida. Monomer yang menyusun polisakarida dapat bermacam-macam, akan tetapi kebanyakan monosakarida yang ditemukan dalam polisakarida adalah D-glukosa. Bila polisakarida tersusun dari satu macam monosakarida disebut homopolisakarida dan polisakarida yang terdiri dari bermacam-macam monosakarida disebut heteropolisakarida.

Homopolisakarida adalah karbohidrat yang umum kita dapatkan yang termasuk homopolisakarida adalah pati, glikogen dan selulosa. pati terdiri atas amilosa dan pektin (amilosa merupakan polimer lurus dari glukosa dengan ikatan alpha (1-4) sedangkan amilopektin mempunyai ikatan alpha (1-4) dan (1-6)). Glikogen merupakan simpanan karbohidrat pada hewan (termasuk manusia). bentuk glikogen mirip seperti molekul amilopektin dengan percabangan terjadi setiap 8-10 residu. Glikogen membentuk struktur kompak yang disebabkan oleh rantai polimer yang membentuk gulungan. Bentuk yang kompak tersebut menyebabkan sejumlah energi karbon dapat disimpan dalam volume yang kecil. Selulosa merupakan polimer lurus dengan ikatan beta (1-4), akibatnya selulosa memiliki derajat kristalinitas (keteraturan) yang berbeda, sehingga kemampuan untuk dihidrolisisnyapun berbeda. Amilum jika dicampur dengan iodin (I2)menghasilkan warna biru sedangkan selulosa berwarna coklat.

Heteropolisakarida umumnya terdapat dalam sendi-sendi manusia berupa GAG (glikosaminoglikan)dan proteoglikan. Fungsi heteroplisakarida yang paling utama adalah untuk pembentukan heparin yang berfungsi mencegah pembekuan darah jadi darah kita akan selalu mengalir dalam tubuh.